안녕하세요...



Jalan-jalan dulu lagi yukkk....
Kali ini ke istana-istana peninggalan tradisi Korea yang mungkin sering kalian lihat di drama maupun musik video.

Ini lumayan latepost sih... Lihat aja di tanggal fotonya, itu sudh saya kunjungi pada bulan April. Tapi nggak papa lah ya... (Siapa juga yang ngelarang)

Kali ini kita akan bahas Deoksugung... Atau Deoksu Palace, sebenarnya '궁/Gung' itu artinya sendiri adalah 'Palace/ Istana' jadi kalau kita ngomong 'Deoksugung Palace' maka akan jadi aneh. Hahaha.

Deoksugung ini salah satu dari Lima Istana Utama Dinasti Joseon dan  pernah menjadi kediaman beberapa pemimpin Dinasti Joseon, namun kemudian dijadikan istana setelah istana yang lain seperti Gyungbukgung di bakar. 

Pernah dijadikan tempat syuting nggak? Mungkin pernah, karena istana inipun cukup terkenal dan strategis dekat sekali dengan balai kota Seoul dan istana utama, gyeongbukgung. Tapi jujur saja saya nggak cermat meneliti drama apa yang syuting disini karena istananya semua hampir sama-sama juga. hehehe.

Tapi untuk yang baru-baru ini... Istana ini bukan saja dijadikan tempat syuting tapi juga dijadikan judul lagu. Tahu nggak sih? Yang SONE atau fansnya SNSD (Girls Generation/ 소녀시대) pasti tahu donk....

Yups, single solo pertama Yoona SNSD yang berjudul 덕수궁 돌담길의 봄 (Deoksugung Stonewall Walkway) sebenarnya sih artinya 'Musim seminya tembok batu Deoksugung'

Yang mana sihhh... Stonewallnya Seoksugung? Ini dia...


Deoksugung Stonewall (Photo : FuntastiKorea Blog Owner)

Deoksugung Stonewall (Photo : FuntastiKorea Blog Owner) 

Mau tahu lagunya??



Memang bagus sih... (Bukan ngomongin lagunya)
Tapi jalan tembok batunya di Deoksugung... hehehe.... 
Sepanjang jalan ada seni khas Korea yang dipajang, dibuat langsung dipinggir jalan. 

Gimana sih menuju Deoksugung???
Subway : Line 1 / Line 2 (1호선/ 2호선)
Station : City Hall Station (시청역)
Exit : Exit 2 atau 12
Hari Buka : Selasa - Minggu (Senin Tutup)
Jam Buka : 09:00 - 21:00
Tiket Masuk : 

Ini foto favorit saya...
Saya ambil sendiri dengan kamera amatir saya (belum punya kamera bagus hiks)


Deoksugung Stonewall (Photo : FuntastiKorea Blog Owner) 
Dan saat saya datang bertepatan dengan awal-awal musim semi. Jadi bunga-bunga indah bersemi dimana-mana. Ughhh... 너무 예쁘다 ~


Pinggir jalan tapi suasananya bersih dan luas, berseberangan langsung dengan Balai Kota Seoul terasa banget atmosfer metropolitannya. Jiah...

Beginilah suasananya...
Mari lihat-lihat dulu suasana di depan dan luar Deoksugung...


Terlihat depan sana banyak polisi berjaga-jaga, yang kata teman-teman sih ganteng-ganteng. wkwkwk Hush!!

Jalan menyeberang menuju dari Deoksugung menuju Balai Kota Seoul (서울 시청)
Inilah penampakan balai kotanya.... Bagus kan, saya juga sempat mampir loohhh... hehehe ngapain hayoo? Cuma foto-foto aja. wkwkwk




Dah... kembali ke Deoksugung... Yukk kita masuk...

Nih pintu masuknya, sama kayak gambar pembuka di atas ya...


Nggak ada gambar lain, karena fotonya secara utuh susah juga, harus mundur jauh-jauh. Dan karena saya buka tukang foto profesional, jadi ya seadanya saja lah ya... wkwkwkwk. 

Ini kita harus beli tiket loh ya... nggak gratisan. Belinya disebelah kanan gerbang utama tuh. Nggak mahal kok cuma ₩ 1,000 yaa setara kayak Rp 10,000 - 12,000 lah...

Ini dia tiketnya...

Ya ampun di foto segala, iya donk... sayakan blogger sejati meski bukan fotografer profesional. hehehe.


Tuh foto ala-ala alay juga ada. Wakaka... Foto 3 tiket (saya datang bertiga sama teman-teman) dan brosurnya sekalian.

Sudah... sudah... Mari masuk ke dalam... 



Karena saya datang saat musim semi dan lebih untungnya adalah saat musim sakura bersemi, jadi pemandangan didalam makin-makin indah sekali. Begitu masuk kita akan jalan dulu dengan pemandangan bunga dan pohon di sisi kiri dan kanan yang bagus. 



Foto diatas ada gerbang masuk difoto dari dalam. Karena saya ambilnya nggak pernah serius karena masih sok malu-malu (ngapain juga malu, mereka pasti maklum saya orang asing donk-donk deh), jadi saya fotonya sambil jalan mundur dan ngeblur deh... Aigooo... ~ mian. 

Tapi nggak apa-apa,untung ada pemandangan bagus ada eonni-eonni Korea sedang main-main ke Deoksugung pakai Hanbok. Pakai pakaian begini masuk ke istana sih bebas tiket masuk, gratis!

Tapi kalau Hanboknya nyewa juga ya sama aja bohong, pasti sewanya mahal. Apalagi beli, buat orang asing kayak kita buat apa juga. Meski dipakai sama hijab cocok, ya nggak hanbok juga sih. Hehe.

Ntar jalan dikit, sebelah kiri akan terlihat gerbang lagi Junghwamun 중화문
Ini gerbang menuju bangunan yang bernama JunghwaJeon (중화전) yaitu  



Masuk ke pintu Junghwamun tadi akan menuju Junghwajeon yang dalamnya itu seperti kuil dan ada patung-patung dan juga tempat persembahan. Tapi saya nggak foto dalamnya karena gelap sekali ..

중화전 - 덕수궁. Junghwajeon - Deoksugung (Photo : FuntastiKorea.blogspot)
 Saya nampang ... meski nggak ikhlas nampang..
중화전 - 덕수궁. Junghwajeon - Deoksugung (Photo : FuntastiKorea.blogspot)
Ini foto Junghwajeon dari arah yang berbeda, agak jauh. Oh ya. Karena saat itu lagi sangat berkabut begitulah nampaknya, bukan kameranya burem (meski kameranya nggak bagus juga seh... wkwk)


Kalau kita dari arah pintu Junghwamun, samping kanannya Junghwajeon, akan ada bangunan bersejarah lain yang berbeda yaitu Seokeodang (석어당) yang kalau dilihat nggak asing seperti di drama-drama. 

Sisi kiri Junghwajeon

석어당- 덕수궁. Seokeodang - Deoksugung (Photo : FuntastiKorea.blogspot)

Berjalan ke arah kanan akan melihat tembok-tembok dan bangunan lain lagi, namanya Deokhongjeon (덕홍전) 

Foto-foto dulu di pinggiran temboknya yang khas... hehe

Deokhongjeon (덕홍전) 

Kemudian ini salah satu bangunannya. Sebenarnya banyak bangunan di samping-sampingnya tapi saya menghemat waktu dan foto yang paling mencolok saja, alias yang paling depan... Deokhongjeon. Kunjungan selanjutnya saja dilengkapi fotonya... hehe

Deokhongjeon (덕홍전) 


Ini aku foto Deokhongjeon dari satu bangunan untuk perjamuan yang nggak aku foto karena bangunannya nggak unik sih. hahaha.



Kemudian kalau keluar dari pintu junghwamun tadi, kemudian berjalan ke kanan di sebelah kiri ada bangunan dengan lonceng besar bernama Gwangmyeongmun (광명문)

Gwangmyeongmun (광명문)
 Ini saya foto dengan latar Gwangmeyongmun... hehehe


Kemudian... bangunan yang paling gede dan paling berbeda dari lainnya dan tidak bercorak Korea ini bernama Seokjojeon (석조전), Dia bangunan yang mewakili di Korea yang bercorak barat dan di dirikan tahun 1910. Bangunan ini terdiri dari tiga lantai dan dulunya tempat tinggal raja.



 Sementara itu dulu... Sebenarnya masih ada banyak cerita dan foto di Deoksugung, tapi lebih baik di sambung di postingan lainnya...

Okay Sekian ya...

고맙습니다































 

Post a Comment