안녕하세요..
Assalamualaikum...


Orang yang otodidak itu menurutku punya dunia (yang asik) sendiri... Nggak ada yang nyuruh dia belajar, tapi dia meluangkan banyak waktu untuk mempelajari satu-persatu dengan niat. Nggak ada yang kasih dia PR, tapi dia terus mengerjakan bagian-bagian hal yang dia ingin pelajari dengan sendirinya.  Nggak ada ujian, nggak ada yang ngawasipun dia terus punya ambisi untuk bisa.

Otodidak itu tentu apa aja, bukan hanya bahasa. Tapi saya punya pengalaman belajar secara otodidak di bidang bahasa, ya jadi saya akan bahas soal belajar bahasa ya... khususnya bahasa Korea.

Maaf lama nggak ngeblog karena ada ini itu yang bikin saya dibikin 'sok sibuk'. Setelah saya agak lenggang dan punya waktu luang, begitu saya buka blog dan email, banyak komentar dan email yang dikirim teman-teman semua. Terima kasih ya atas apresiasinya ke blogku.. Aku juga akan berusaha menulis untuk berbagi pengalaman yang bermanfaat buat kalian. Muaaahhh ~ (jiah)

Nah beberapa request tentang ini dan itu. Mungkin ada pula yang belum sempat ku jawab. Tapi setelah saya baca, tampaknya banyak yang ingin saya menulis tentang Belajar Bahasa Korea secara otodidak.

"Kak...Tips nya apa belajar Bahasa Korea secara otodidak??"
Saya sih udah pernah nyeritain tentang suka-dukanya jadi aku yang punya ilmu bahasa Korea otodidak dan tiba-tiba bisa dapat rejeki nomplok tinggal di Korea ini disini Suka Dukaku Sebagai Otodidak-ers Bahasa Korea atau dulu waktu jaman jadi Kpop-ers aku kasih tahu caraku belajar Bahasa Korea disini Belajar Bahasa Korea ala Kpop Lovers (Suer sekarang dah bukan Kpopers lagi)

Tapi untuk tips... Mmm.. Nggak ada tips yang gimana-gimana. Gak ada cara yang All-Kill atau jurus jitu karena namanya belajar Bahasa semua ada tahapnya. Tapi namanya belajar sendiri, ngerasa nggak ada guru, nggak ada ujian kita bisa naik turun semangatnya, akhirnya jadi nggak mahir-mahir.

Nah buat aku gimana biar bisa belajar sendiri tapi niat dan serius adalah.

1. Konsisten dan Komitmen

Seperti layaknya sebuah hubungan, jiahh... kalau nggak konsisten dan komitmen ya bakalan macet dan bahkan end di tengah jalan. Namanya cinta itu paling anget-angetnya cuma beberapa periode, lainnya kita harus komitmen sama diri sendiri dan konsisten menjalankan.

Helah, malah nyambung ke cinta.

9 diantara 10 orang (bikin perkiraan sendiri) yang minta aku ajarin bahasa Korea maupun yang curhat pingin bisa bahasa Korea, keinginannya itu semu belaka.

Paling bertahan hitungan mingguan tuh. Cuma berkobar-kobar mungkin saat lagi jatuh cintrong sama oppa-oppanya atau karena tiba-tiba mendadak sangat ambisi ke Korea.

Tapi setelah merasa mungkin aduh susah, aduh males, aduh begini begitulah kemudian niat itu hilang begitu saja seperti tak pernah ada (kayak kalimat curhat)

Itu SERRRIIIIING banget aku temui.

Nah kalau aku gimana cara belajarnya?

Emang sih aku belajarnya udah tahunan, beli bukunya sejak kelas tiga SMP, paling cuma baca-baca arti-arti salam dasar kayak 감사합니다 (khamsahamnida), 미안합니다 (mianhamnida), 잘 지냈습니다 (jal jinaesseumnida), karakteristik bahasa Korea kayak kalimat tanya (-아/어 요? - ~ㅂ니까 - ~습니까), pernyataan (입니다, 습니다, dll) dan belajar hangeul.

Tapi aku nggak kayak anak institute bahasa Korea yang belajar bahasa Korea intensif dari Senin - Jum'at ada gurunya orang Korea asli, bukunya lengkap, jadi aku belajarnya nggak bisa se kilat itu.

Aku belajar paling seminggu sekali, yang jelas aku meluangkan waktu untuk belajar bahasa Korea tiap 'nganggur'. Kalau sekarang ketika luang pleasure ku nulis blog, kalau dulu itu belajar bahasa Korea. Just love what you do or you wanna do. 

Jadi dibanding dibilang TIPS mending ku sebut SARAN aja ya...

Saran biar bisa konsisten adalah...
- Buatlah waktu luangmu itu waktu buat belajar (gak perlu nonton TV atau chattingan ma pacar, wkwk)

Menurutku bahasa Korea gampang atau nggak?

Hampir banyak orang berpendapat, bahasa Korea itu gampang di awalnya aja. Hangul?? Wah so easy, beberapa hari aja kalau kamu bener-bener niat ngapalin dijamin bisa. 

Nah ini ada ukuran kesusahan belajar bahasa Korea menurut domandhyo.com dan menurutku this is so trueee...

Okelah, belajar bahasa ntah bahasa yang dibilang orang gampang atau nggak, namanya aja bahasa baru. Ada tata bahasa sendiri, ada kosakata ribuan tentunya nggak mudah. Tapi bahasa Korea itu...


2. Belajar dari berbagai sumber dan berbagai cara

Lee Min Ho dengan tulisan hasil editingku. hehe

Namanya belajar sendiri nggak ada panduan jangan cuma terpacu sama satu sumber, setebal apapun bukunya kamu harus melakukan cara belajar yang lain.

- Carilah buku yang membahas banyak tata bahasa (bukan hanya yang mengajari hangul dan percakapan saja)
- Carilah buku yang banyak latihannya bukan sekedar dibaca, jadi membuat kamu mengerjakan tugas. Darisitu pemahamanmu akan bertambah.
- Jangan berpacu dengan kamus yang dijual di toko buku karena nggak lengkap
- Gunakan kamus naver online, karena kamus offline kebanyakan sejenis dengan google translate yang banyak ngaconya, hahaha
- Carilah situs belajar bahasa Korea yang bagus (Talk To Me in Korean misal atau TOPIK Guide untuk menghadapi test TOPIK)
- Nonton acara berbahasa Korea sambil menyimak dan mencatat (kalau listeningmu udah agak bagus), karena kamu belajar bahasa Korea kamu jangan hanya terpacu dengan acara. Meski akan menyebalkan karena kamu harus mempause - play video lalu mencatat, tapi itu sangat membantu untuk wawasan tentang bahasa yang sering di gunakan orang Korea sehari-hari karena yang di buku sering kali bahasa kaku.
- Sering cari tulisan, berita atau cerita dalam berbahasa Korea. Ini akan melatihmu terbiasa dengan susunan bahasa Korea yang dibalik-balik, dan bisa memperkaya kosakatamu.
Untuk aku dulu, sering juga loh cari lirik lagu Korea, bukan untuk latihan nyanyi tapi untuk aku artikan, ketemu kosakata baru, ketemu tata bahasa baru. Tiap nemu hal yang baru, langsung deh browsing apa artinya...

Rekomendasi Buku Bahasa Korea??

Begitu deh cara belajarku yang banyak 'menjelajahi' dari acara, lagu dan menemukan kosakata dan  ketimbang berkutat sama buku.  Buku sih belajar banget waktu masih beginner aja.  Karena di Indonesia juga nggak banyak buku bahasa Korea yang bagus, cuma itu-itu aja saat itu, konten yang diajarkan amat sangat terbatas, jauh dari kenyataan bahwa tata bahasa Korea sangat banyak rumit, yang diajarkan di buku bahasa Korea yang dijual di Indonesia cuma itu-itu aja (itu itu aja lagi, hehe). Sekarang nggak tahu lagi.  Jadi kalau kalian minta aku rekomendasikan buku apa yang bagus buat belajar bahasa Korea aku udah nggak tahu, karena terakhir aku beli buku bahasa Korea udah hampir 7 - 10 tahun lalu. wkwkwkwk.

Apa lagi yaaa.... saya beneran nggak bener-bener ingat gimana dulu saya belajar. (Duh maaf nggak bisa banyak membantu)

Intinya sering belajar tata bahasa Korea yang sebajek itu (buanyak banget), latihan mendengar lewat acara, sering NYATET juga tuh. Karena kita akan dijajali kosakata yang baru terus setiap belajar dan yang lalu bisa terlupa begitu saja, jadi rajinlah mencatat apapun itu.

Pokoknya JANGAN LABIL kalo belajar. Ngomong pingiiiiiiiiin banget belajar bahasa Korea tapi minggu depan udah nggak niat lagi... Ya sampai negara angin menyerang negara api nggak bakal fasih juga tuh...

Belajar bahasa itu jantungnya adalah dengan kontinyuitas (entah benar apa gak *parah) karena orang yang udah tinggal di Indonesia belasan tahun misal, dia bisa lupa bahasa Indonesia setelah pergi dari Indonesia beberapa tahun aja karena udah nggak dipelajari, udah nggak praktek. Itu banyak terjadi dan itu memang mungkin. So...

PRACTICE MAKES PERFECT yeaahh...

Nggak banyak tips nya karena aku belajar juga nggak pake trik apalagi magic, mengalir aja sesuai berjalannya waktu (jiah) yang jelas aku setia belajar dan Taraaa... ada hasilnya bukan??

Gitu aja deh, moga bisa menulis hal yang bisa membantu di posting lain.
Ini mungkin nggak jelas tapi daripada aku nggak kasih, nggak papa lah ya... hahaha
Disini cuma kasih tahu begitulah cara aku belajar.

안녕...

 

Post a Comment