안녕하세요...



Halo chin'gudeul... ~
Disini saya bukannya mau nawarin jasa tour and travel sih...
Tapi cuma mau kasih sedikit info gimana bisa berlibur ke Korea tanpa budget yang membengkak.

Ya gak bisa dipungkiri ya, dengan harga tiket PP pesawat aja udah lumayan gede apalagi dll nya??

Tapi akhir-akhir ini banyak banget orang-orang Indonesia datang ke Korea dan bahkan dengan habit belanja yang luar biasa, bahkan melebihi orang-orang dari negara-negara lain, sampai-sampai membuat teman cina saya berkomentar, "Orang Indonesia kaya-kaya ya... duitnya banyak ya..."

Hmm apakah benar begitu? Waktu saya di Indonesia dulu sih saya nggak punya banyak duit. wkwk

Nah, diluar nafsu belanja anda, gimana sih berlibur ke Korea dengan biaya minim ala-ala saya. hahaha

1. Tiket Pesawat

Denger-denger nih kalau lagi promo tiket pesawat bisa cuma 4 juta PP.
Padahal asalnya dulu aja tiket pesawat saya 5 jutaan sekali jalan. huhu mahal kalee...

Meskipun nggak pengalaman cari tiket promo tapi menurut pengamatan ya... Tiket pesawat Korea akan murah ketika nggak high season, pas pemandangan nggak lagi istimewa gitu hehe. Nggak pas sakura di musim semi atau pas daun berguguran berwarna merah saat musim gugur.

Yahh... gapapa lah, kalian masih bisa menikmati sakura palsu di pinggir hangang kok, wkwkwk.
Ya kan lumayan untuk penghematan, daripada belain liat bunga sakura dengan tiket pesawat yang menguras kantong.

2. Penginapan

Buat kamu-kamu yang pingin sekali ke Korea tapi perlu perjuangan panjang menabung, memang lebih baik jangan menghabiskan dana untuk penginapan. Memang tidur nyenyak itu perlu, tapi kalo di Korea yang penting ada kasur untuk tidur mah cukup lah yaa.. hehe

Di Seoul misal, banyak guest house yang harganya hanya 10.000 won (Rp 120.000 - 130.000) permalam. Penginapan seperti kamar asrama yang sekamar bisa 3 - 4 orang. Dan tempat macam ini banyak sekali dimanfaatkan sama backpacker.

Kamu bisa cari di situs pencarian hotel seperti booking.com saya kemana-mana sih dengan bantuan app ini dan sangat membantu


3. Makanan


 Yah emang sih datang ke Korea pasti ingin coba kulinernya.
Tapi yah... makanan di Korea itu mahal pake banget. Boleh lah kamu cobain makanan Korea beberapa kali, tapi jangan sampe beli tiga kali sehari karena di jamin bokek.

Makanan di Korea minimal berharga 5.000 won (60 ribu riah) perporsi, bahkan kalau di tempat wisata bisa sampe 10.000 won bahkan belasan ribu won. Toh juga ke halalannya hampir semua diragukan.

Jadi lebih baik membawa roti, atau lauk kering dari Indonesia lalu beli nasi instan (yang gak murah juga) sekitar 1.000 won/ lebih (untuk sebuah nasi tergolong mahal).

 


Tapi lumayan lah untuk menghemat. wkwkwk.

 4. Tempat wisata

Foto sama mereka aja gratis loohh... (maaf saya gk suka nampang)
 Tempat wisata di Korea yang gratis atau berharga murah banyak. Misal istana-istana hanya berbayar 1000 - 3000 won.

Nggak perlu lah datang ke tempat macam Everland atau Lotte World. Everland sendiri tiketnya setengah juta rupiah sendiri sementara Lotte World 300.000 rupiah lebih.


 Lagipula tempat seperti itu tidak khas Korea, dan banyak wahana yang mirip-mirip sama taman wisata di Indonesia.

Jadi datanglah ke Korea dengan mendahulukan nuansa Koreanya saja. wkwkwk *apaan sih

5. Transportasi 

Soal transportasi pasti semua juga tahu donk kalau naik transport umumlah alternativenya. Kalau yang berkantong tebal sewa kendaraan pribadi atau naik taksi akan sangat memudahkan tapi tidak begitu dengan yang harus berhemat. Tidak perlu. Cukup naik subway atau bis kota.

Meskipun kalian semua akan lelah lahir batin karena transport Korea yang meski lengkap tapi njelimet alias ruwet dan stasiunnya yang panjang dan banyak tangga. Bersabarlah... Travelling memang butuh pengorbanan. kkk

Transport di Korea memakai subway sekali jalan 1.250 won begitu juga bisnya. Mengenai bagaimana cara naiknya. Saya pernah ulas soal subway di Naik Korea Subway (지하철)
Soal naik bisnya menyusul yaa... hehehe

6. Belanja
Gambar terkait 


Karena kalian-kalian adalah wisatawan asing, berbahagialah belanja di Korea. Karena duty free banyak tersedia disini. Misal di Lotte Duty Free, Doota Duty Free, atau apapun yang ada embel-embel Duty Freenya.

Buat yang belum tahu apa itu. Jadi kalian bisa beli disini dengan harga potongan pajak. Jadi karena semua harga barang itu termasuk pajak, maka di duty free kalian bebas pajak dan harga yang kalian bayar dipotong dengan jumlah pajak atau ada sistem refund, istilahnya tax r

Atau kalau kalian beli kosmetik di stand-stand kosmetik Myeongdong, kalian bisa meminta potongan pajak (tax refund) maka syaratnya adalah kalian harus bawa paspor ya... Ada pula duty free yang meminta bukti pembelian tiket pesawat, e-tiket misal. Nah biasanya yang seperti ini potongannya bisa lebih besar.

Pernah sih saya tanya di stand Laneige di Myeongdong tentang tax refund, mereka memberikan potongan masing-masing dua ribu won aja. Tapi waktu saya ke Doota Duty Free, perbedaan harga aslinya bisa sampe 7000 won. Jadi ya untung-untungan ya...

Terus kalau mau hemat belanja oleh-oleh souvenir, bisa pergi ke tempat part time saya (wekeke sempet''nya ngiklan) di Arirang, Migliore - Dongdaemun, Seoul.  Saya pernah memposting sebelumnya ya bisa dilihat di Arirang.
Gantungan kunci renteng 10 mulai dari 5000 won,

Ditunggu kedatangannya di Korea ya... hehehe



Post a Comment