안녕하세요...

Tinggal di Korea itu berarti kita setidaknya harus menyesuaikan diri untuk menjalankan dan mengerjakan sesuatu sesuai dengan kebiasaan yang ada (dalam hal umum loh ya...) untuk menunjang dan memudahkan aktivitas kita.

Tidak sama dengan Tanah Air, setiap negara pasti punya ciri khas tersendiri termasuk aplikasi yang bisa dibilang wajib kita gunakan dan miliki saat kita numpang tinggal di negara ginseng ini. Apa saja?


1. Kakao Talk

Bisa dibilang hampir 100% orang Korea menginstall aplikasi chatting Kakao Talk di handphonenya. Di Indonesia dulu sempet sih ya diiklanin sama Sherina dan Big Bang, sempet populer sesaat tapi sepertinya orang Indonesia lebih suka Line, atau yang lebih simpel seperti Whatsapp misal.

Di Korea ini dari anak muda sampai ajumma (tante-tante) bahkan halmoni-halmoni (nenek-nenek) gaul. Apalagi Kakao Talk adalah bikinan Korea. Kecintaan mereka terhadap produk buatan sendiri memang kuat sekali.

Jadi dulu sama halnya kayak kita, orang-orang Korea mengirim pesan lewat SMS, yang ditarik tarif per SMS nya. Tapi kemudian muncul lah Kakao Talk, dibikin oleh Korea sendiri yang cuma butuh koneksi internet, kita bisa kirim pesan. Ya gak jauh beda sama fungsi line, whatsapp, bbm dll. Tapi produk negara sendiri lebih melekat di hati mereka. Wkwkwk.

Jadi yang ada rencana tinggal di Korea, sudah dipastikan anda menginstall aplikasi ini untuk berkomunikasi.


2. Hancom Office


Korea memang selalu ingin punya produk sendiri. Dimana di segala penjuru negara kebanyakan orang menggunakan microsoft untuk membuat dokumen. Tidak dengan Korea.

Pertama kali di kasih pekerjaan orang Korea dan dia mengirimkan sebuah file aku bingung, karena nggak bisa di buka di komputer maupun handphone dan extensionnya asing. Yups, file orang Korea punya extension yang berakhiran hwp. What's that?

Ini microsoft wordnya Korea. Hancom Office, Hangul namanya. Meskipun microsoft word juga bisa nulis hangul, tapi orang Korea lebih suka kalau kita memakai Hancom Office ini untuk mengumpulkan file atau dokumen. Tak lain untuk mahasiswa disini yang menggunakan bahasa Korea, untuk yang berbahasa Inggris biasanya masih pakai Microsoft Word.

Apa sih bedanya ketik hangul pake Microsoft Word sama pakai Hancom ini? Nggak banyak beda sih, mungkin cuma kalau di Hancom lebih terlihat rapat aja, dan lebih 'Korea' karena 'bentukan'nya mengetik hangul di Word dan Hancom sedikit berbeda meski nggak terlalu berarti juga. wkwkwk

Tampilan hancom hangul (tugas kuliahku nih hehe)


3. Naver


Siapa sih yang nggak kenal mbah gugel? Kalau di Indonesia nih, mbah google adalah barang wajib bagi anak muda zaman now yang banyak ingin tahu maupun yang ke kepoannya besar sekali.

Coba di Korea, ketika mereka meminjam hape kita untuk browsing (aku pernah) dia akan tanya, 'Nggak punya Naver kah?'

Padahal aku sudah menyediakan Google disana. Dan dia seakan, 'What is this?'
Mereka tidak mengenal Google, karena mereka punya Naver, atau kalau nggak gitu pakai Daum. Produk mereka sendirii... respect sih.

Dan apa gunanya untuk kita, informasi tentang Korea lebih lengkap kalau kita search disini. Karena udah ada fasilitas-fasilitasnya contohnya mencari jalan, lengkap banget deh dari pada sekedar gps.
Ntar kalau ada kesempatan, aku jelaskan ya...

Nah, sementara itu ya...
Singkat-singkat dulu ya, yang penting blog keisi.

Sampai ketemu di postingan selanjutnya.
Annyong...

Post a Comment