안녕하세요..

Anak Korea Jaman Jigeum
Mungkin judulnya sedikit lebay, tapi bisa jadi benar juga. Postingan ini dibikin untuk seru-seruan aja ya, kalau ada bagian yang terdengar konyol bukan berarti mencela anak Korea, tapi namanya punya budaya dan kebiasaan yang berbeda, kita bisa jadi takjub melihat hal yang berbeda atau bahasa Koreanya 신기해. Weh, kok gitu ya, lucu ya... dll Sama seperti mereka terheran-heran sama aku yang berhijab di musim panas. hehehe

Kalian yang penggemar Korea mungkin penasaran seperti apa sih realita di Korea, sama kah kayak di drama? Pakaiannya? Make upnya?

Bagiku overall mirip sih ya, aku nggak tahu apakah drama yang memang mencerminkan kehidupan aslinya atau orang-orangnya yang terinspirasi drama. Secara, nggak jauh beda sama Indonesia. Meski beda jenis, Korea juga akrab dengan kata LATAH. Satu pake ini, semuaaa pake itu.

1. Sepatu Kets Putih (흰 운동화)
Tolong jangan salah fokus, lihat sepatunya ya... hahaha *sengaja

Oke, saya awali dengan yang 'biasa' dulu ya. Di Korea ini alas kaki yang di pake nggak seberagam kayak Indonesia yang pake sepatu sandal macam yang aku pake aja jarang banget, sedikit ngerasa 'salsep' alias salah sepatu kalau jalan di Korea pakai sepatu sandal ala ala merk yang biasa dijual di matahari ini (cinta produk Indonesia coy).

Nah, karena di Korea ini budaya jalan kakinya sangat kuat (nggak dikit'' naik motor macam kita) jadi mereka lebih suka sepatu kets, dan kalau kita lihat ke bawah maka warna-warna putih akan bertebaran dimana-mana. Alias sepatunya warna putih semua. Kalau di Indonesia sih setahuku pakai yang sepatu putih jarang, karena gampang kotor apa lagi di Indonesia banyak jalan becek. hehe. Sebenarnya tren ini nggak aku mengerti sih, jadi nggak ada 'sejarah' atau latar belakang pastinya kenapa sepatu putih ini begitu di gandrungi anak-anak muda di Korea.

Jadi banyak juga nih anak Indonesia yang memang suka 'ngikut' gaya anak Korea dan tinggal di Korea akhirnya ikutan beli sepatu putih juga. Awalnya aku kaget "Kok putih? Gak takut gampang kotor?" Mereka tak bergeming mungkin karena alasannya adalah mbebek tren Korea. hehehe.

Atau mungkin menurut mereka, 'Berani kotor itu baik.' wkwkwk.

2. Make up anak SMA (화장)

Kalau bicara di Indonesia. Anak SMA berangkat sekolah dan make up adalah dua hal yang gak bisa di satukan. Bukan begitu? Seingat saya, jaman saya dulu waktu mau berangkat sekolah ritual dandan yang dilakukan hanya pake bedak. Lipstik merah? Eyeshadow? Nggak kenal dan tabu sekali bagi anak SMA itu semua benda-benda para tante dan emak.

Tapi di Korea. Wohoooo...

Kenyataan yang satu ini juga kayaknya agak berbeda sama di drama sih, setahuku di drama-drama Korea bertema anak SMA, murid-muridnya nggak dandan sih ya... ya gak sih...

Suzy - Dream High | Jiyeon & Temannya (gtw namanya hehe) - God of Study

 Tapi pada kenyataannya nggak sedikit anak SMA Korea yang berdandan seperti ini...


Tidak tahu siapa dia hehe... maaf kan aku yang mencomot fotomu dari mbah google. Aku akan minta ijin dulu pake bahasa Korea ya (meski kemungkinan dia lihat blog ku 1/10000000) wkwkwkwk.
학생... 난 한국에서 유학생인데.. 한국의 고등학생에 대한 이야기를 하려는데 한국 고등학생 찾아봤더니 너의 사진을 떴으니 이렇게 올리는 게 허락해줘요.. 나쁜 얘기 아니에요.. ^^

Jadi kelihatan banget mereka sudah handal dalam bermek-ap. Mulai dari base, foundation, cushion, dll yang sampai sekarang masih nggak ku kenal juga wkwk mereka sudah fasih pakainya. Wajah mereka yang kayaknya udah putih pun makin putih... Nggak lupa maskara, eyeliner, lipstik merah mentereng... 

Sempat shock awalnya karena setiap naik bis kebarengan adik-adik unyu ini dan lihat dari dekat, SubhanAllah beneran tebel dan nggak kebayang kalau anak SMA di Indonesia kayak gitu mungkin... Mungkin diapain ya? hehe

Soalnya dulu ada kejadian lucu terjadi sama temenku yang agak dandan udah gitu pakai soft lense lagi, sialnya di berjodoh berpapasan dengan kepala sekolah yang serem ala kepala sekolah matilda dan dia disemprot, "Mau sekolah atau mau tanggap jadi penyanyi dangdut?" wkwkwk. 

Terus kejadian lucu lagi pas aku di Korea dan ada anak-anak SMA study tour ke Korea (guaya kali anak SMA sekarang study tournya ke Korea), saat pihak kampusku bertemu dengan anak-anak SMA itu orang Korea berkomentar, "Wahhh... Anak SMA di Indonesia polos-polos kali (lugu)." 
Aku jawab, "Hahaha iya, Mungkin karena mereka nggak dandan."
Terus mereka tanya, "Memangnya nggak boleh dandan?"
Aku jawab, "Iya, nggak boleh."
Kemudian apa kata mereka, "Jadi mereka datang ke sekolah dengan muka jelek aja ya?"

Buhset, muka jelek... SEDIH :'D 
Gak gitu juga keleeesss...

Btw

3. Tote Bag/ Eco Bag (에코백)


Di Korea Eco bag atau yang lebih kalian kenal sebagai Tote bag (Tote bag sama Eco Bag beneran sama kan?) ini udah kayak barang yang pasti kalian lihat sepanjang mata memandang. Tas santai ini emang enak sih dibawa kemana-mana. Bahkan cewek-cewek cantik pun nggak gengsi pakai eco bag yang udah kumel dan warna mbulak (bahasa jawa, mboh bahasa Indonesianya apa *banyak lupa bhs Indo, maap).

Asik aja sih liatnya, kalau di Indonesia kadang tas itu mewakili 'harga diri' jiah nggak juga sih, tapi tas lumayan jadi ajang bergaya, tapi di Korea anak-anaknya dengan pede aja pake tas lemes, cuma kotak dan nggak ada gayanya ini. Kebanyakan yang mereka pakai justru bukan yang ada corak-corak atau renda-rendanya, paling cuma tulisan-tulisan bahasa Inggris atau gambar simpel.

Cuma ada yang bikin geli....

Cowok Korea pakai Eco Bag

Karena aku sudah dua tahun di Korea jadi ya lama-lama jadi biasa, tapi awalnya kok shock dan melongo ya?
Kalian gimana bayangin cowok Indonesia bawa Eco Bag? Aneh nggak sih? Yang lebih bikin aneh lagi, mereka pakenya kayak gambar di samping ini... Kok aku bayangin cowok Indonesia bawa tas kayak gini agak uhuy gitu ya.... wkwkwk. (kecuali bawain tas bayi buat istrinya, cuit cuit). Tapi ini sudah biasa di Korea ya guys, dan ini nggak dipandang gimana-gimana, hanya saja kita berbeda. wkwkwk

4. Baju Couple
                                                                                 Pernah lihat drama W - Two Worlds ini kan? Di adegan seperti gambar di samping ini ngegambarin banget anak korea pacaran jaman jigeum (jigeum = bahasa korea, artinya: now)

Pakaian couple mungkin nggak asing sih buat kita-kita orang Indonesia. Cuma kalau pun ada yang berani pakai barengan gitu pasti banyak mata memandang dan bisik-bisik tetangga, bisik-bisiknya kalo nggak, 'Cie cie... baju kopelan' ya... 'Norak banget.' Ya nggak sih?

Ternyata bukan hanya orang Indonesia aja sih yang menganggap gaya pacaran kayak gitu bikin merinding, salah satu orang Thailand yang jadi artis di Korea pun mengungkapkan salah satu culture shocknya adalah couple pacaran Korea yang sangat lovey dovey sampai pakai baju couple bahkan yang lebih 'ekstrem' adalah dari sepatu dan celananya pun sama. Dan ini dijamin akan banyak kalian temukan dimana-mana saat kalian jalan-jalan di Korea. Kalau kalian belum ketemu, mungkin jalan-jalannya kurang luas. hahahaha.

5. Cowok Baju Pink

Menyambung tema dari gambar yang diatas-atas, lagi-lagi Lee Jong Suk. Bukan fans sih, cuma drama terakhir yang ku tonton adalah drama-drama do'i jadi waktu mau cari gambar yang terpikir cuma itu (jarang banget nonton drama)

Nah, ini juga salah satu yang bikin aku takjub juga (kebanyakan takjub, mungkin salah satu sebab karena sebelumnya aku kurang gaul, wkwkwk). Kirain cowok yang pake baju pink cuma Lee Jong Suk karena mau kembaran sama Han Hyo Joo dan kalau lihat di drama sih biasa aja, tapi kalau lihat kenyataannya kok agak gimana gitu yah...Waktu naik bis, naik subway lumayan juga cowok Korea yang pake baju pink mirip kayak warna baju si Jong Suk oppa ini. Warnanya so sweet banget nggak sih? Dan yang pake bukan 'cowok cantik' apalagi yang lambai kok, ya kelihatan cowok tulen normal (semoga, hehe)

Tapi lagi-lagi karena aku sudah dua tahun disini jadi mulai terbiasa, karena mereka orang Korea. Tapi waktu ada cowok Indonesia yang pingin melatahkan diri, lalu ikutan pake pink kok aku spaneng ya? wkwkwk.

6. Pakaian warna gelap/ kalem senada

Mungkin yang ada dipikiran kalian ketika membayangkan style orang Korea maka image 'mentereng' lah yang melekat. Tapi dalam kesehariannya orang Korea ini lumayan simpel dalam berpakaian, terutama soal warna. Mereka cenderung menggunakan warna gelap atau yang cenderung kalem dan senada. Misal hitam, abu-abu, putih, coklat/ pastel.

Karena ini impactnya ke aku adalah aku jadi nggak pede bahkan nggak pakai lagi bajuku yang warna merah mentereng. Meski begitu ketika musim dingin datang padding merah masih sering dipakai sih..


Ini nggak berlaku buat beberapa orang sih ya... Semua kan nggak bisa di sama ratakan. Anyway, kebanyakan begitu.




7. Poni Cowok Korea

Satu lagi, last but not least karena kemungkinan aku teringat yang lain atau aku akan terus memperhatikan mereka sebagai bahan ngeblog dan materi bisa bertambah wkwkwk.

Ingat kata-kata mamaku, "Jangan dapat orang Korea, mama nggak suka cowok berponi."
Terus pas mama lihat TV, "Haduh rasanya kok pingin nyibakkin poni mereka ke belakang ya?"

Wwkwkwkwk...

Cowok Korea emang terkenal dengan poninya ya? Apalagi para boybandnya, nggak memungkiri sih kadang beberapa dari mereka malah lebih ganteng pas ada poninya. Laaaahhh... Tapi Cowok yang poninya di sibakkan menerutku lebih kelihatan dewasa dan tegas sih.

Bukan mau nyeritain artisnya. Tapi yang konyol sepanjang mata memandang semua model rambut cowok Korea kayak seragam semua, berasa ada peraturan negara mengharuskan model rambut macam itu. Kanan Kiri Depan belakang semua rambutnya sama, sampai aku bilang ke teman cewek Korea ku, "Cowok Korea semua rambutnya sama ya?"
Dia jawab, "Sama gimana?"
Aku : "Poninya tuh...Semua berponi."
Dia : "Ah nggak kok"
(Kebetulan kita lagi ada diluar) Aku : "Coba deh lihat sekitar..."
Jeng jeng... Semua begini.
Kemudian dia nyengir, "Oh iya ya..." Hahahaha.

Orang Korea kayaknya tidak akrab dengan model rambut 'jambul' ala syahrini, kkk.

Waktu mereka ketemu cowok Indonesia yang rambutnya berjambul ala aliando mereka bilang, "Eh dia keren tuh rambutnya bisa gitu."

Huahahahahaha...



Sekian semoga menghibur dan sampai jumpa di post berikutnya, bye bye....
      



Post a Comment