Hello Chin-gu ~

Kali ini saya mau bahas Kpop sedikit (meski nanti jadinya panjang juga). Mengenai Grup Band papan atas CN Blue.

Saya sih sebenarnya sudah nggak begitu mau mengikuti Kpop maupun tidak jadi Kpop Lovers lagi. Tapi karena pekerjaan saya di internet, mau nggak mau jadi tahu juga. Jiaaaahh..

Soal CN Blue ini ya.. Dulu saya ngefans banget, saya nggak pernah beli CD Kpop Original kecuali CN Blue ini, bela-belain banget dah.. Tapi selama saya ngefans sampai sekarang udah biasa aja ada sesuatu yang bisa saya simpulkan sendiri dan bikin saya sedikit low affection juga sama mereka. Hehehe.. istilah bikin sendiri tuh.

Apa itu?
Saya merasa kok single lagunya CN Blue ini nggak ada yang positive ya.. Maksudnya, kok patah hati semua nya. Temanya di putusin, ditinggalin, diselingkuhin. Aduh, biasanya cowok itu tukang nyakiti, tapi ternyata cowok-cowok ganteng ini yang tersakiti.

Memang nggak semua, tapi yang saya amati.. Justru single utama mereka yang selalu patah hati.
Mau bukti? Cusss...

1. I'm a Loner (외톨이야)


Pertama-tama kita kembali ke masa debut mereka di tahun 2009 yang saat itu membawa single andalah mereka yang menghantar mereka ke ketenaran awal karena menerima sejumlah award. Dengan album bertajuk 'Bluetory'

Nah, dari judul lagu ini saja udah ketahuan kan kalau ini bukan lagu happy? Apalagi lihat video klipnya yang memperlihatkan 4 cowok galau bahkan berakhir dengan teriakan keras mereka memecah keheningan karena sudah lelah dengan kesepian. Jiheehe..

Nih simak beberapa potongan liriknya sambil terjemahin.. (kebiasaan dari dulu, terjemahin lirik)

봐봐 나를 봐봐 (Lihat aku, coba lihat aku)
똑바로 내 두눈을 봐
(Lihat dua mataku dengan benar)
거봐 이미 너는 딴 곳을 보고 있어
(Tuh kan, kamu sudah melihat ketempat lain)

Eyaaa... ceweknya udah nggak fokus sama dia.

차라리 다른 사람 생겼다고 (Lebih baik kamu bilang saja kamu punya orang lain)
내가 싫으면 싫다고
(Bilang saja kamu sudah tidak menyukaiku)
차라리 솔직하게 말해줬다면
(Andai saja kamu bilang dengan jujur)
난 너를 죽도록 미워하진 않았을텐데
(Aku tidak akan membencimu setengah mati seperti ini)

oh baby 외톨이야 외톨이야 (aku si kesepian, si kesepian)
daridiridara du

Sedih tapi masih bisa daridiridaradu.... hehehe

2. Love

 
Okelah, dari judulnya pasti kita awalnya berekspektasi bahwa ini adalah lagu jatuh cinta biasa. Tapi ternyata tidak saudara... CN Blue masih dibikin patah hati.. Hikss

차갑게 더 차갑게 말을 해봐 (Dengan dinginnya, coba dengan dinginnya kau bicara)
날 떠날 수 있다고 (Mengatakan bahwa kau bisa meninggalkan ku)
그 말은 Mis Mis Oh Mistake (Kata-kata itu kesalahan)
Everybody got it LA LA LA LA

Tik Tik Tok Tok 눈물이 떨어져 (Air mata jatuh)
Digi Digi Bob Bob to the Sound유리조각처럼 부서진 (Seperti pecahan kaca)
우리 둘이 break it now (Kita berdua berpisah sekarang)

Tuhkaaaaaann ditinggalin lagi.. kisahmu kok gitu banget sih oppa!!
Meskipun ada lirik lalala, tiktiktoktok, digidigibobbob.. Tapi ternyata liriknya sedih..
Lalu   kenapa judulnya bisa Love? Karena si oppa masih cinta dan berharap sang wanita kembali lagi. Hmmm...

Tell me why why why 너만 원하고 있잖아 (Katakan padaku kenapa aku hanya mengharapkanmu)
No bye bye bye 그런 슬픈 말은 하지마
(No bye bye, jangan katakan hal yang menyedihkan)
I can try try try 다시 돌아온다면
(Aku bisa coba, juga kau kembali lagi)
You know I want get get get your love

Love Love Love Everybody
Clap Clap Clap I want you back to me
꿈에서라도 네 손을 잡던 
(Meski dalam mimpi aku ingin kembali )
그 때로 돌아가고 싶은데
(Disaatku menggenggam tanganmu)


Begitulah liriknya... Kasian banget..

3. Intuition (직감)


Di awal tahun 2011, CN Blue menelurkan album baru yang kala itu melihat teasernya seperti 4 cowok yang memberontak dan merusak beberapa fasilitas kota sampai akhirnya menyanyi di atas gedung. Hmm.. ada apa?
Eh ladalah, mungkin sedang galau karena perempuan lagi. wkeke..


네가 떠날 거란 직감이 (Aku punya firasat bahwa kamu akan meninggalkanku)
(Don’t give up)
자꾸만 이런 저런 핑계들만 (Selalu berdalih kesana kemari)
(Don’t give up)
느낌이 달랐던 싸늘한Bye Bye (Sifat dinginmu mengucapkan bye bye dan berubah perasaan)
(Don’t give up)
보낼 없어 (Aku tidak bisa melepaskanmu) 
(Because I love you)

Cukup dari situ sudah tahu kan kalau (lagi-lagi) ini lagu patah hati sang lelaki yang akan ditinggal sang kekasih..
Huhuhu..   

4. Hey You
Dulu waktu masih ngefans mereka, menurut saya lagu CN Blue itu oke-oke banget loh. Kualitas Grup Bandnya memang ear fun. Maksudnya nggak terlalu keras kayak musik rock yang bikin kepala puyeng dengerinnya, juga nggak mendayu-dayu bikin ngantuk dan mual-mual.

Sayangnya kelemahan mereka, selalu mengusung tema memohon cinta pada wanita terus. Kan gak cool gitu. Menurut saya sih..

Termasuk lagu Hey You.. Lagu ini bagus sih.. Tapi liriknya lagi-lagi..
Coba simak..



혼자 미치도록 너만을 미치도록  (Aku sendiri sampai gila, aku hanya padamu sampai gila)
사랑하고 사랑한 그게 잘못이라면 (Jika mencintaimu itu disebut sebagai kesalahan)
아니야 아니야 이건 정말 아니야 (Tidak tidak ini sungguh tidak benar)

No no 사랑하는 떠나지마  (No no jangan meninggalkanku yang mencintaimu)
혼자 바보처럼 나간 바보처럼  (Aku sendiri seperti orang bodoh, kehilangan jiwa seperti orang bodoh)
사랑하고 사랑한 내가 지겨웠나 (Sepertinya kamu muak denganku yang mencintaimu dan mencintaimu lagi)
가라고 가라고 너는 이별을 말하고 (Pergilah, pergilah. Kau mengatakan perpisahan)
Dudu durudu Love again
오늘도 dubab dubab


Oalah oppa.. sesedih apa sih kisah cinta masa lalumu sampai setiap menciptakan lagu selalu terinspirasi dengan tema patah hati. Lagu ini benar-benar terdengar seperti lagu hopeless banget.

5. I'm Sorry


Judulnya I'm Sorry, saya kira kali ini dia yang ingin 'mendepak' sang perempuan sehingga dia minta maaf. Ternyata tidak saudara, yang tersakiti tetap tersakiti. I'm Sorry ini ceritanya 'mengutip' perkataan sang perempuan saat mengatakan ingin berpisah dengannya.

Pertama, akan ada sedikit narasi yaitu sang perempuan yang mengatakan putus lewat putus dengan kata-kata "Its over, I'm sorry."



뭐라고 모르겠어 싫다는 말을 모르겠어  
(Apa katamu? Aku tak mengerti kata-katamu. Aku tak mengerti perkataanmu yang mengatakan membenciku)
완전히 미쳤어 정신차려 미쳤어R U crazy (R U crazy)
(Sungguh gila, kehilangan akal sehat sungguh gila)
간다고 슬픈 연기 말고 떠난다고 핑계도 그만 말해
(Pergilah, jangan berakting pura-pura sedih. Tinggalkan, berhentilah beralasan)
완전히 미쳤어 정신차려 미쳤어
(Sungguh gila, kehilangan akal sehat sungguh gila)
 R U crazy (I'm really want you to get away) 

Walah kok gila terus sih oppa.. 정신 차리세요 ~

6. Can't Stop

Can't stop my dream kek..
Can't stop my work kek..
Tapi kenapa lagi-lagi tentang mencintai perempuan yang mencampakanmu, kenapa bang? 
Gubraaakk!
Lagu ini sebenarnya enak loh dulu pertama kali dengar, bahkan the best diantara lagu lainnya. Tapi artinya.. plain again lah oppa.

하루에 한 번만 그댄 떠올려줘요 miss you
(Dalam sehari, sekali aku teringat padamu, aku merindukanmu)
하루에 한 번만 나는 잊어볼게요
(Dalam sehari, sekali aku mencoba melupakanmu)
그것도 안돼요 그것도 안돼요
(Tapi itupun aku tak bisa, aku tak bisa)
그것도 안되면 그럼 난 어떡하나요
(Jika itupun aku tak bisa, lalu aku harus bagaimana)


Hmm.. memelas banget siiih..

Can’t stop me now Can’t stop me now 그대를 닮은 봄 향기가 아직 차네요
(Wangi musim gugur yang mirip dirimu masih dingin)
Can’t stop me now Can’t stop me now 나는 멈출 수 없네요 I can’t stop loving you
(Ternyata aku tidak bisa berhenti. Aku tidak bisa berhenti mencintaimu)

Move on dong oppa..


7. Cinderella

Lahh.. kalau yang ini lagu masih fresh sekali. Baru nongol dua hari lalu. Tahu sejak teaser, saya sih sudah punya firasat nggak enak. Firasat bau-bau patah hati lagi.. Dan saya kecewa dengan Yonghwa. Nggak suka cowok bertatoo.. hhuhuhu

Cinderella? Apakah dia jadi pangerannya Cinderella yang cantik itu? No.. dia jadi korban Cinderella yang pergi dan hanya meninggalkan sepatu kaca. Huheeehee..


12시가 땡 하면 마법처럼 사라져
(Jika jam dua belas berdenting, kamu menghilang secara ajaib)
오늘만은 널 보낼 수 없어 girl
(Hari ini aku tak bisa melepasmu)
12시가 땡 하면 잠시 꺼 turn off your phone
(Jika jam 12 matikan sebentar teleponmu)
I just wanna be with you

신데렐라 ooh ooh ooh
(Cinderella oh oh)
나 혼자 두지 마 baby drive me crazy (crazy)
(Jangan tinggalkan aku sendiri)
신데렐라 ooh ooh ooh
(Cinderella oh oh)
니가 없는 긴 밤 tonight oh 외톨이야 baby
(Malam panjang tanpa dirimu oh aku kesepian)

Healaaaah...
Saya bukannya menjelek-jelekkan CN Blue loh, saya dulu juga fans nya. Tapi sedikit gubrak setiap dengar lagunya yang punya 'tema dan warna' lirik yang selalu sama.

Kabarnya sebagian besar lagu Yonghwa yang menciptakan, dan katanya pula dia selalu terinspirasi dengan kisah pribadinya. Jadi berarti? Hmm..

Seandainya mereka bisa mempunyai lagu lebih tegas seperti lagunya T-ara sama Davichi yang judulnya Wonder Woman *lagu lama banget*. Ini juga ceritanya perempuan yang dibikin patah hati sama laki-laki. Tapi mereka mengungkap dengan lirik..

여자들아 기죽지 마라
(Para perempuan jangan kehilangan kekuatan)
당당하게 외쳐라
(Katakan dengan tegas)
남자들아 비켜라

(Menyingkirlah para lelaki)
여자들의 의리가 더 멋있잖아

(Loyalty perempuan memang lebih keren)
사랑보다 강하잖아

(Lebih kuat dari cinta)

Atau juga SNSD dengan lagu Run Devil Run..
Wah.. berarti si cowok disebut Devil ya?

똑바로 해 넌 정말 Bad Boy
(Lakukan dengan benar! Kamu benar-benar lelaki jahat)

사랑보다 호기심뿐
(Dibanding cinta, kau hanya punya rasa penasaran)


You better run run run run
더는 못봐 걷어차줄래
(Aku tak bisa melihatmu lagi, aku ingin tendang kau saja)


Hahahaha cooolll banget kan.
Nggak jamannya kita terlihat lemah karena tersakiti oleh cinta.
Jiaah.. Meski hati teriris-iris kita jangan sampai terlihat mendayu-dayu.
Yang nyakitin tambah seneng tuh..

Mohon maaf ya buat BOICE, tapi ini opini saya. Karena dulu sayapun sangat mengikuti segala gerak gerik CN Blue sebagai fansnya.. hehehe Sekarang lebih nggak banyak denger lagu sih..
Semoga CN Blue bisa menghadirkan lagu positive buat kalian.

Salam.
안녕~

Post a Comment