안녕하세요..

Kali ini saya akan membawakan materi mengenai tata bahasa Korea lagi yang banyaknya lumayan bikin kenyang. Hehehe.


~
/는가싶다dan ~/는가 하면.
Ada yang bingung atau cari tahu,?
~ 싶다lebih sering di dengar dengan ~. ~ 싶다yang berarti ingin..
~ 는가lebih sering di dengar sebagai akhiran kalimat tanya. 런가? atau bersama dengan akhiran ~보다yang jadi seperti kalimat terkaan.  '런가'
Bagaimana jika disandingkan dengan ~하면?

Saya coba jelaskan dari apa yang saya pelajari. Cuuss..


~
/는가싶다



Arti : 
Mengekspresikan dugaan atau terkaan (Kupikir ini mungkin..Ini sepertinya..Ku mengira jika..)
(“I think it might…”, “It seems like…”, “I wonder if…”).
Spesifikasi  :
Menggunakan ~/는가 untuk mengindikasikan bahwa ini adalah pertanyaan pada diri sendiri
Akhiran ini bisa diganti dengan  ~()ㄹ까 싶다, () 싶다.

Contoh :
 
심한인가싶어서병원에갔다.
(Aku) (telah) pergi ke rumah sakit karena aku (telah) mengira ini mungkin penyakit serius.

너한테무슨일이라도는가싶어서걱정돼전화했어.
Aku mengira ada sesuatu terjadi padamu sehingga aku telepon karena cemas.  



~
/는가하면   

Akhiran ini mengekspresikan bahwa saat kejadian di anak kalimat pertama adalah benar, maka yang ada di anak kalimat kedua itu berhubungan dengan anak kalimat pertama tapi kontras/ tidak terduga.
 
Menggunakan ~/는가 dari bentuk pertanyaan dan menambah ~하면(jika) untuk membuat ekspresi yang bisa dipahami sebagai "Jika kamu bertanya padaku____ itu benar."
 “If you were to ask me if ___ is true,  [I’d say that] ___ is [also] true.” 

Ini memang agak aneh, jadi ini lebih mudah diingat sebagai, 
"Tidak hanya (kalimat 1) , tapi juga (kalimat 2)" dengan 2 kalimat kontras.
“Not only [clause 1], but also [clause 2]” with two contrary clauses.

Struktur ini sering digunakan dengan kata seperti “
” (juga) dan “이제는” (sekarang) untuk penekanan kekontrasan.

eg.)
커피에다가 설탕만 넣는 사람이 있는가 하면 크림만 넣는 사람도 있다.
Tidak hanya ada orang yang memasukkan gula, yang memasukkan krim juga ada. [Arti asak : Jika kamu bertanya padaku adakah orang yang memasukkan gula, sebenarnya ada yang memasukkan krim juga.]

그는 배우인가 하면 가수이기도 하다.
Dia tidak hanya aktor, tapi juga penyanyi



Sekian saja penjelasan saya yang saya rangkum dari beberapa sumber belajar. Ada yang ingin ditanyakan. Jangan sungkan bertanya.. 

열심히공부하세요..
다음교제에봅시다..

Post a Comment