안녕하세요...


Saya memang suka menuliskan hal-hal seru di Korea termasuk kali ini saya akan menjelaskan tentang serunya pusing karena kompleknya jalur transport di Korea termasuk subway atau yang kalian lebih kenal KRL atau kereta bawah tanah.  Bukan kompleks karena kurang teratur, tapi saking lengkapnya itu bikin bingung dan rancu hingga tersesat dan salah jalur. wkwkwk.

Kalau kemana-mana. Subway ini memang transport yang paling favorit sekaligus paling penting di Korea. Dibanding bis, kayaknya orang lebih suka naik subway, mungkin sih karena dia lebih banyak menjangkau banyak tempat, ga tau lagi deh alasan lainnya...

Meski sebagus-bagusnya subway di Korea tapi capeeeekk banget dah kalau naik subway ini, apalagi kudu transfer-transfer. Emang enak kita hanya sekali bayar meski transfer-transfer tapi masalahnya...

Sering rame, kita harus berdiri berdesakan (sama kayak bis sih...) dan juga stasiunnya itu gede-gede. Mau ke jalan exit atau mau transfer pindah ke line itu SubhanAllah, jalannya... lumayan melelahkan sekali.

Maka dari itu sih orang Korea sudah terbiasa dengan jalan kaki. Mau kemana-mana juga jalan... Dari rumah ke stasiun jalan, di dalam stasiun menuju pintu pemberhentia subway jalan, turun dari subaway menuju pintu exit juga jalan yang bukan sekedar jarak biasa tapi lumayan panjang di tambah lantai atas tanpa eskalator alias tangga tinggi. Selamat!

Salah satu rahasia sehat orang Korea kayaknya ya... banyak jalan! mereka juga kebanyakan pakai sepatu santai, sepatu kets dan tidak berhak alau mereka adalah pengguna transport ini karena capek mak kalau harus naik turun pake high heel.

SUBWAY MAP

Pertama-tama... Yang kamu harus tahu bahwa Subway di Korea punya rute begini adanya.


Anda pusing? Sama, saya juga... Awal lihat apalagi melakoninya, tapi sekarang lumayan terbiasa meski kalau udah dibuat muter-muter capeknya nggak biasa juga.
Ini bukan rute subway seluruh Korea lohhh... Tapi subway yang biasa saya gunakan ini subway utama di Korea hanya untuk Seoul dan kota-kota terdekatnya saja.

Subway ini punya 9 line, line 1 - 9 dan juga ada tambahan airport railroad line, Incheon line, Gyeongui Jungang line, dll yang menghubungkan jalur-jalur diluar Seoul Metro Subway tentunya di daerah diluar kota Seoul tapi masih relatif dekat.


Masing-masing line ditandai dengan warna yang berbeda-beda.

Gimana cara naiknya tuh....??
Ya lihat aja tujuan pergi kamu kemana? Misal Mau ke Seoul Station... ya kamu tinggal lihat aja Seoul Station dilewati jalur mana aja (warna apa) dan sekarang kamu lagi dimana. Misal kamu di 'Dongjak' yang menyabang di line 4 dan line 9 ya kamu pilih line 4 karena Seoul Station dilewati line 4 juga. Tapi misal kamu lagi di 'Yeouido' yang nggak satu line sama Seoul Station ya kamu bisa transfer ke line ungu (line 5) sampai ke Gongdeok yang menghubungkan banyak line, kamu pilih line 4 menuju Seoul Station, jangan sampai keliru line 5 sebaliknya ke Sogang Univ. Ini pun harus diperhatikan baik-baik.



Byuhhh... riweh banget kan ??

Masa kita harus pelototin satu persatu nama statiun yang mau kita tuju dengan melihat map segitu banyak dan ribet?? Tenang... ada keruwetan, ada kemudahan, di negara canggih seperti Korea kita nggak mungkin dibiarkan membuang-buang waktu hanya untuk meneliti nama stasiun satu persatu.
Berbekal smartphone, semua jadi mudah... Kayak begini ada aplikasinya... Apa saja??

APLIKASI KOREAN SUBWAY




Bisa berbahasa Inggris)
Yang nggak bisa nulis Hangul atau tulisan Korea, tinggal masukin kata kunci 'Korean Subway' Atau Smart Subway, akan muncul beberapa aplikasi seperti diatas. Dan tiga aplikasi diatas yang sering saya lihat di pakai oleh orang sini. Penggunaannya ya hampir sama semua, cari stasiun berangkat dan stasiun tujuan, lalu cari rute dan dia akan mucul rute dan jalur mana saja yang harus kamu lalui lengkap beserta waktu tempuh, dll. Tapi kadang nggak akurat banget, karena aplikasi kadang nggak memberikan rute tercepat. Tapi dia paling membantu dimana dan kemana tempat yang kamu tuju, sehingga kamu bisa mengira-ngira jalur mana yang terbaik untuk di lewati.

1. Aplikasi Berbahasa Korea (Smart Subway)

Kalau saya biasa pakai yang paling atas dari gambar aplikasi dibawah nih, yaitu 'Smart Subway' penggunaaannya cukup simpel sih... tapi bagi yang belum bisa baca tulis hangul... Ya tetep aja ribet.

Nah saya beri penjelasan singkatnya ya soal penggunaan aplikasi ini.


Setelah tampilan awal, akan langsung muncul tampilan mapnya...
Ada dua menu pojok kiri atas (opsi) dan pojok kanan atas (search)


Jika tekan tombol 'opsi' maka akan muncul menu lagi seperti dibawah ini, Ini adalah menu untuk 수도권 alias daerah ibukota/ Seoul. Kemudian menu dibawahnya ada 즐겨찾기 (pencarian), 지역선택 (Pemilihan daerah), 분실물 센터 (Informasi Barang Hilang) [Dari cerita sih, barang hilang disini sangat sulit untuk ketemu lagi, huhu], 스마트 지하철 정보 (Info tentang aplikasi ini)


Nah... untuk 지역선택 atau pemilihan daerah, kita bisa pilih subway untuk daerah mana, bukan hanya di Seoul, tapi daerah kota besar Korea lainnya seperti Daejeon, Busan, dll..


Pilihannya :
- 수도권 지하철 (Seoul/ Ibukota Subway)
- 보산 지하철 (Busan Subway)
- 대구 지하철 (Daegu Subway)
- 대전 지하철 (Daejeon Subway)
- 광주 지하철 (Gwangju Subway)











Nah gimana mencari jalur yang kita tuju? Yang jelas sekarang kita harus tahu kita di stasiun mana donk. Misal nih saya lagi di stasiun Itaewon, nah... Tinggal klik button search tadi di pojok kanan atas.. akan keluar tampilan seperti dibawah


Ketikkan '이태원' (Itaewon) akan muncul namanya dan info linenya, disini terlihat Itaewon berada di line 6, lalu enter atau klik tulisan Itaewon yang muncul...


Aplikasi akan otomatis menunjukkan dimana Itaewon dalam map...


Setelah itu pilih tujuannya disini saya pilih Gwanghwamun (광화문) sebagai tujuannya, caranya sama tinggal search saja nama  Gwanghwamun (광화문) dan aplikasi langsung merute seperti dibawah.



Pada bagian atas ada penjelasannya, dari Itaewon ke Gwanghwamun...
Kira-kira jarak tempuh : 22 menit
Jika naik sekarang : 24 menit
Stasiun yang dilewati : 8 stasiun
Transfer : 1 kali

Kalau kotak diatas kita klik, maka akan muncul detailnya lagi seperti dibawah :


Detailnya disebutkan bahwa kita berangkat dari stasiun Itaewon, kemudian untuk transfer kita harus berhenti di Stasiun Cheonggu (청구) kemudian kita akan transfer ke line 5 menuju Gwanghwamun.

Seperti itulah.... Kemudian saya jelaskan untuk kalian yang tidak bisa berbahas Korea, ada aplikasi yang menyediakan bahasa Inggris dan aplikasinya juga lebih menarik dan bagus yaitu aplikasi diatas yang berlogo warna kuning bernama '지하철'

2. Aplikasi berbahasa Inggris (지하철)



Seperti gambar diatas, kamu harus download datanya dulu, entah berapa besar tidak dijelaskan. Tapi karena saya pakai wifi, jadi ya sante saja... Kemudian adapula pilihan bahasa dengan mengklik tulisan 한국어/ 서울 (Korean/ Seoul)
Kemudian ada pilihan bahasa dan juga areanya...

Setelah itu tampilan pertama yang muncul ....


Gambar logo kereta dipojok kanan bawah, kalau di klik akan muncul menu seperti gambar sebelah kanan.
Langsung saja, bagaimana menggunakannya? Ya sedikit hampir sama dengan yang atas.

Kita bisa langsung menekan nama stasiun di map jika kita sudah notice nama stasiun tanpa search..


Ada pilihan Timeable, Station info, exit info, depart from, Stop by, Arrive at...

Yang lain skip dulu karena terlalu panjang, tapi kala stasiun itu adalah tempat kamu berangkat, maka tinggal klik 'Depart From' lalu jika itu tempat tujuan maka tentu klik 'Arrive at'

Tapi kalau kamu masih harus cari-cari dimana stasiunnya, maka tinggal lakukan cara seperti cara aplikasi sebelumnya di menu search lalu muncul seperti dibawah dan tandai juga tombol play jika dia depart station dan stop untuk arrival station


Kemudian jika kamu enter dia akan langsung mencarikan jalurnya...

Sudah terlihat semua kan infonya?
Atau kamu bisa lihat Detail info di dalam map, pojok kanan atas...


Naaahh... ini dia detail stasiun-stasiunnya yang mungkin ada tempat transfernya. Masih bisa di scroll ya sampai terlihat tujuan kita dimana,.

SUASANA STASIUN SUBWAY

Mau tahu suasana Subway di Korea... ?? Mulai dari gambar-gambar ter gak penting dan nggak profesional akan saya tampilkan. Maklum lah, saya kan blogger seadanya... hehhe
Gambar saya ambil random ya... di berbagai stasiun...


Suasana di stasiun saat penumpang ngantri di depan pintu untuk masuk ke subway.


Seperti diatas inilai pintunya, jadi kita nggak bisa nengok rel karena di tutup pintu otomatis ini yang nanti terbuka bebarengan dengan terbuka juga pintu subwaynya saat tiba.


Nah, kalau pintunya ada tulisan diatas apa artinya? Ini juga harus diperhatikan loh karena kamu bisa saja naik subway arah berlawanan. Diatas, saya berarti sedang ada di Chungmuro Station (충무로) melalui line 4 menuju ke arah Myeongdong (명동), itu panahnya ada di Myeongdong jadi stasiun selanjutnya adalah Myeongdong, bukan sebaliknya di jalur seberang anak panah akan ke Dongdaemun Culture & History Park (Tulisan nggak kelihatan) itu berarti kamu ke arah sebaliknya, alias salah jalan! haha Tinggal naik kereta seberangnya aja sih kalau salah. haha


Diatas suasana menunggu di stasiun saetgang, kenapa saya foto? Karena baru kali ini melihat syasiun subway bisa sepi begini... hahaha

Bagaimana untuk tiketnya? kamu bisa menggunakan kartu T-Money, Cash Bee maupun kartu yang bisa dibeli dengan mesin yang ada setiap kita masuk ke stasiun subway.  Harga sekitar 1,350 won atau bisa lebih kalau kamu dah keluar area yang agak jauh.


Nah ada mesin seperti gambar diatas berjajar-jajar setiap stasiun.. Fungsinya bisa buat beli kartu tiket, maupun isi ulang T-Money.

Kalau kamu nggak pakai T-Money dan ingin beli kartu tiket dari mesin diatas, maka kamu harus memasukkan uang ke mesin itu sejumlah harga plus uang jaminan 500 won. Karena kartu itu sebenarnya harus di kembalikan ke mesin 'Refund'. Kalau nggak dibalikin ya udah, nggak dibalikin juga duit 500 won mu. haha

Ini dia kartunya yang dulu awalnya kebawa pulang sama saya, wkwkwk. tapi bisa dibalikin kapan aja kok kartunya. Sekarang sih udah di kembalikan, untuk apa juga koleksi beginian. hahaha.


Setelah dapat kartu atau T-Money kamu harus melalui pintu ini, ya pasti udah sering lihat donk di drama-drama. haha. Di Jakarta aja yang hampir mirip kayak gini juga ada tohh...



Untuk di dalam subwaynya, Saya foto saat keadaan tidak biasanya, karena biasanya penuh sesak atau meski nggak sesak, banyak yang berdiri, saya foto saat edisi spesial saja nggak rame-ramean dan lenggang....


Video singkat... Beda situasi dengan yang diatas sih..