안녕하세요 ..


Kalau dengar kata gangnam kalian pasti tahu deh, apalagi kalo bukan karena Psy dengan lagu hitsnya 'Oppa Gangnam Style' meski banyak orang yang nggak ngerti apa itu Gangnam yang penting ikut jogeeeeddd,, ya ela... latah amat ya orang jaman sekarang.

Anyway...

Siapa yang belum tahu sebenarnya apa itu 'Gangnam' dan kenapa sampai terkesan di banggakan di lagu tersebut??

Gangnam itu sebenarnya sebuah wilayah, di Seoul pastinya, ibukota Korea Selatan. Nah apa istimewanya Gangnam???

Dan apakah itu Gangbuk??Apa ada hubungannya dengan Gangnam.

Tentu saja, kalau nggak ada Gangbuk, ya gak mungkin ada Gangnam, dan nggak mungkin ada Seoul hehe (belibet mulu)

Dan apa Gangbuk tidak lebih istimewa dibanding Gangnam, kalau menurutku nih ya... nggak, saya lebih suka di Gangbuk, karena Gangnam bukan style saya (gue bukan anak metropolitan banget getoo) jiah.

Nah, bagaimana pembagian wilayah Gangnam dan Gangbuk?? Yuk simak...



Diatas adalah peta Seoul. Nah garis biru yang agak tebal di tengah itu Hangang (baca : Han- gang), sungai Han, pasti tahu kan? Hangang emang mengalir sepanjang Seoul seperti itu, nah terbagilah wilayah utara dan selatannya Hangang, kalau di map bagian atas dan bawah.

Gang (강) itu dalam bahasa Korea artinya sungai.
Buk (북) artinya utara dan Nam (남) artinya selatan.

Jadi Gangbuk (강북) = utara(nya) sungai
Gangnam (강남) = selatan(nya) sungai

Begitulah filosofinya..

Nah... Apa sejarah antara Gangnam dan Gangbuk???

Saya nggak tahu detail sejarahnya tapi pernah dengan cerita dari orang Korea... Bahwa...

SEJARAH : GANGNAM BUKAN BAGIAN DARI SEOUL

Jadi dulu Seoul ibukota Korea Selatan (dulu punya nama lain seperti Hanyang) itu hanya di wilayah Gangbuk saja, bagian Gangnam itu bukan bagian dari Seoul, alias kota lain. Tapi karena kemudian pemerintah ingin memperluas wilayah ibukota, akhirnya Gangnam diubah menjadi bagian dari Seoul juga...

GANGNAM SEPI PEMINAT

(Sebenarnya ceritanya ingat samar-samar, hehe blogger gak profesional banget, jelasin intinya aja ya) Kala itu namanya juga wilayah baru, jadi warga ibukota masih belum banyak yang 'berminat' untuk mendatangi atau menempati wilayah itu. Masih sepi pengunjung, masih asing... masih belum bisa menerima itu jadi wilayah ibukota kali ya... (abaikan)

Nahh akhirnya pemerintah punya siasat baru yaitu membangun sekolah-sekolah top dengan grade tinggi disana dan membuat anak-anak berlomba-lomba masuk sekolah di Gangnam. Lama kelamaan rame lah Gangnam dan darisitulah, akhirnya Gangnam menjadi tempat yang bergengsi di Seoul.

GANGNAM DAN GANGBUK KINI

Ini menurut pandangan pribadi saya. Gangnam dan Gangbuk ini punya atmosfer yang sedikit berbeda meski sama-sama Seoul.

Gangnam lebih ke suasana fancy, luxurious dan daerah orang kaya lah intinya...

Di Gangnam ada daerah seperti Cheongdamdong, Sinsadong dan Apgujeong yang terkenal sebagai tempat tinggal maupun tempat belanja orang kaya. Artis-artis Korea pun sebagian besar nampaknya tinggal disana juga.

Gangbuk tourism attraction
Sementara kalau Gangbuk, suasananya lebih ke arah 'tradisional' mmm... bukan suasana tradisional macam hanok village dimana-mana gitu, bangunan modernpun lebih mendominasi, tapi peninggalan sejarah yang terkenal mengenai ibukota Korea Selatan ada di daerah Gangbuk semua. Seperti istana-istana Gyeoungbukgoong, Deoksugung, pintu-pintu besar macam dongdaemun, namdaemun, sungryemun semua ada di wilayah Gangbuk.

Hampir nggak kelihatan bangunan bersejarah di Gangnam, disana yang ada gedung tinggi, apartment mewah dan kafe-kafe kekininan. Hiburan mengenai Kpop juga semua disana seperti kantor entertainment macam SM, JYP, YG, dll.

Sementara Gangbuk lah yang seru untuk dikunjungi wisatawan karena tempat wisata yang 'khas' hampir semua di Gangbuk seperti Namsan Tower, Gyeongbukgung, Hanok Village, Cheonggyecheon semua ada di Gangbuk.

Jadi buat memutuskan jalan-jalan daerah Gangnam atau Gangbuk, sesuai selera dan tujuan masing-masing. Yang jelas memang ada daya pikatnya masing-masing setiap daerah.

Itu aja yang mau aku tuliskan...

Bye..











Post a Comment