Annyong Haseyo...

Begitu banyak DM (Direct Message) di Instagramku yang menanyakan tentang Korea, tentang kuliah dll. Saya tahu, kuliah di luar negeri menjadi impian bagi sebagian besar orang. Dan maaf saya jarang membalas DM di Instagram karena banyak alasan yang nanti saya jelaskan di postingan tersendiri.

Hal-hal seperti itu nggak bisa kalian tanyakan dari 0 pada orang lain. Harus ada usaha untuk cari info dan tanyakan tentang hal-hal yang nggak ada informasinya.

Meski sepertinya saya sudah pernah menjelaskan tentang hal ini di posting-posting sebelumnya, mungkin saya akan lebih 'menegaskan' lagi dengan poin-poinnya. Nah disini saya akan membantu kalian setidaknya 'meraba' dan mencari bayangan tentang jalan atau jalur untuk meraih impian kalian studi ke luar negeri, khususnya Korea Selatan, negara yang saya tinggali sendiri berdasar informasi dari teman dan orang sekitar dan bukan seakurat informasi resmi ya... hehehe.

1. Jalur Beasiswa

Pastinya semua berharap kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Siapa sih yang nggak pingin tinggal di negeri impian dengan status 'mahasiswa' , bebas biaya kuliah dan dapat uang saku? Semua pasti ingin diperlakukan seperti anak emas, bukan begitu hahaha..

Nah beasiswa pun jalurnya ada banyak ya... Nggak melulu KGSP yang kalian tahu, tapi banyak lagi jalan menuju roma dengan catatan, kalian rajin cari informasi. Soal KGSP kalian bisa lihat informasinya di situs resmi kedutaan besar Korea Selatan di Indonesia atau di www.studyinkorea.go.kr.
Dan perlu di ketahui kalau mendaftar beasiswa pemerintah macam itu, pastinya tantangannya besar karena saingannya yang bukan main banyak dan syarat yang nggak gampang. Karena saya tidak pernah daftar KGSP, so SEKALI LAGI, jangan tanya sama saya. Hahaha.

Selain itu apa saja? Sebenarnya awalnya saya bukan (belum) pemburu beasiswa jadi nggak begitu tahu informasinya ya soal lembaga-lembaga yang menyediakan beasiswa. Tapi yang saya dengar dari teman-teman, ada beberapa perusahan Korea yang biasanya menawarkan beasiswa. Informasi seperti itu juga tidak akan di dapat kalau kita nggak rajin searching kalau nggak selalu ada.

Kemudian lembaga-lembaga seperti KOICA pun biasanya menyediakan beasiswa. Jadi sekali lagi,
rajin-rajinlah searching!

Ps. Gambar di atas bertulis '장학꿈' (Janghak-kkum) berasal dari 장학 dan 꿈, 장학 adalah beasiswa dan 꿈 adalah mimpi. Beasiswa biasa disebut 장학금 (Janghak-geum) so  it make sense bahwa beasiswa adalah sebuah mimpi sejuta umat. hehe.

Beasiswa Profesor


Lalu ada lagi jalan yang susah-susah gampang seperti beasiswa profesor, karena ini benar-benar untung-untungan. Caranya, cari informasi dan profil profesor di website universitas di Korea sesuai dengan jurusan yang kalian inginkan, kemudian cari emailnya, dan kalian bisa mengajukan studi plan dan segala keperluan lainnya dengan mengirim pada profesor tersebut. Kalau profesor tersebut kepincut, insyaAllah kalian akan diundang. Nah soal ini saya dengar-dengar ya, lengkapnya saya nggak tahu. Barangsiapa yang ingin mencoba ya tinggal siapkan study plan kemudian dokumen pada umumnya yang pasti diperlukan untuk mendaftar beasiswa.

Ps. Plis jangan ngayal ada 교수님(Gyosunim)/ Profesor seperti profesor di samping karena kenyataan tidak seindah drama Korea! wkwkwk.


2. Program Exchange

Bisa dibilang kedatangan mahasiswa Indonesia ke Korea semakin banyak salah satunya berkat program pertukaran pelajar ini. Dan ini lumayan menyenangkan sih bagiku, meskipun jangka waktunya lebih pendek dari mahasiswa biasa, tapi menurutku ini merupakan pengalaman berharga banget.

Misal kita mempertimbangkan kalau kita kuliah disini pasti lebih berat, tingkat stressnya lebih tinggi, suka homesick dan tralala..

Sementara untuk yang exchange,  karena kalian di program untuk datang belajar disini dengan seefektif mungkin dengan waktu yang nggak terlalu lama tapi nggak singkat. Buat yang penasaran sama Korea, rentang 6 bulan - 1 tahun lumayan cukup lah untuk mengeksplor dan mengenal sedikit banyak tentang Korea (kalau kamu aktif dan niat). Dan pasti kamu bakal disediakan program menarik lainnya oleh kampus, dan selain menambah kenalan orang Korea, pasti kamu juga akan nambah teman sesama pelajar exchange dari negara-negara lain, nggak mungkin di bikin garing sih kayak mahasiswa disini yang kadang ngerasa kelamaan pingin pulang (nggak semua gitu sih). Jadi program exchange ini lumayan banget jadi pengalaman berharga.

Caranya ya kuliah yang punya program-program tukar pelajar seperti ini, di Indonesia sudah mulai banyak kok...

3. Program Reguler

Program ini sebenarnya juga mudah-mudah susah untuk di tempuh ya...
Buat kamu-kamu yang mimpi banget bisa kuliah di universitas top Korea di Seoul atau universitasnya para Kpopers yang kamu tahu, sebenarnya nggak sesusah yang kubayangkan.

Beh... mudah?? Nggak juga sih... (gubrak)

Jadi sebagai mahasiswa asing kayaknya kita, sepertinya syarat masuknya nggak seketat anak Korea yang melalui 수능 alias SNMPTN ala Korea, kecuali Universitas negeri macam Yonsei, Korea University atau Seoul National Univ, bagi orang asing kayak kita untuk ke universitas lainnya 'tombak'nya cukup dengan sertifikat TOPIK minimal TOPIK 3, atau TOEFL 550 atau sertifikasi bahasa Inggris resmi lainnya, kalian bakal di terima-terima saja sih.

Contohnya teman-teman asal negara Cina saya. Mereka memang disini awalnya belajar di institut bahasa Korea selama 1 tahun kemudian mereka berhasil dapat TOPIK 3. Menurut saya bahasa Koreanya masih nggak bagus bahkan sangat kaku, apalagi orang Cina kan pronuncation bahasa Koreanya susah banget. Tapi mereka diterima saja ada yang di Kyunghee Univ ada juga yang di Chungang Univ, bahkan orang sekitar yang tahu mereka heran mereka diterima, karena background akademiknya tidak terlalu istimewa (seperti aku, hehe).

Nah yang penting punya sertifikat-sertifikat diatas, melengkapi dokumen dan satu yang berat, BISA BAYAR uang kuliah dan biaya hidup, maka bisa-bisa saja kuliah di Korea, bahkan di Univ yang lumayan bergengsi. Pokok ada TOPIK 3 atau TOEFL dengan score yang ditentukanlah.

Yah begitulah, kelemahan jalur ini adalah kalian harus sanggup bayar uang kuliah di Korea yang satu semesternya udah bisa buat beli tiga sepeda motor huhuhu. Tapi bisa jadi ada tawaran beasiswa kok seperti potongan-potongan SPP, tergantung program kampusnya ya...

Nah, meski itu bukan informasi yang terlalu tepat sasaran setidaknya memberi gambaran saja yang buat kalian ya, siapa tahu dengan info diatas kalian langsung bergerak untuk mewujudkan mimpi study abroad.  Good Luck, 잘해봐요... ~




Post a Comment