안녕하세요...

Nah karena postingan sebelumnya 'terinspirasi' oleh kasus bunuh dirinya Jonghyun SHINee, jadi aku bahas banyak 'sisi gelap' kehidupan orang-orang di Korea, daripada dibilang berpikir nething sama Korea mulu (hahaha) jadi kali ini aku mau menyeimbangkan dengan kebiasaan orang Korea yang patut diacungi jempol dan 'mungkin' seharusnya bisa kita tiru.

Ini berdasarkan fakta yang aku lihat sehari-hari ya, dimana orang Korea tertib menaati peraturan yang sebenarnya nggak seberapa ketat macam Singapore yang diintai CCTV dan langsung denda kalau ketahuan, tapi sebagian masyarakat Korea sadar diri dan sudah seperti punya kebiasaan baik seperti di bawah...

Tata Krama di Transport Umum
  
Mungkin sama seperti di Jepang, meski nggak ada peraturan tertulis dimana-mana dan tertera sanksi, tapi warga Korea sudah sadar dulu untuk nggak rame-rame banget kalau di kendaraan umum, meski di kendaraan umum macam subway untuk lalu lalang orang bekerja masih tergolong rame. Tapi bis dan kereta api antar kota, bakal cenderung tenang, mungkin pengaruh sibuk sama gadget sendiri juga sih, wkwkwk the power of gadget

Tapi berbeda dengan KTX, yaitu kereta cepat Korea, kalau kamu naik ini memang sudah ada peringatan untuk diam, handphone pun harus di silent, bahkan berbisik dikit aja kamu bakal sungkan. 

Ini sebenarnya untuk menghormati orang yang biasanya ingin tidur dalam perjalanan yang lumayan jauh, jadi nggak bakal ada deh orang genjreng genjreng gitar waktu kita naik bis, hahaha ngamen kali.

Selain tenang di dalam kendaraan, tata krama lain yang seharusnya bisa di jaga adalah... tidak makan! Terutama yang baunya bisa menyebar, ada iklan 'Mungkin bau makananmu enak bagimu, tapi bisa jadi mengganggu bagi orang lain."

Dan orang Korea memang jarang banget ada yang makanan di kendaraan umum. Palingan makan roti, itupun jaraaang banget.

Sikat gigi habis makan

Mengenai ini sebenarnya ada ulasanannya, karena sikat gigi langsung habis makan itu nggak baik, harus ada jeda 15-20 menit. Tapi dibalik fakta secara ilmiah, orang Korea menyikat giginya setelah makan karena etika dengan orang lain yang bicara dengannya.

Salah seorang teman Korea setelah makan terus duduk di sebelahku malu-malu nutup mulut sambil bilang, "Maaf ya eonni, habis makan belum sempat sikat gigi." Sampe segitu nggak nyamannya.

Coba kita, kadang habis makan pete pun langsung hoho haha... wkwkwk.

Sudah jadi pemandangan umum, setiap habis makan mereka akan mengambil sikat gigi di tas kemudian ke toilet. Yang unik, mereka kadang belum juga nyampe toilet, sambil jalanpun sambil sikat gigi. hahaha

Berdiri di eskalator sebelah kanan

Ini di Jepang sih, tp Korea sm juga bgni
Kalau di tempat kita ya jalan bareng pacar, naik eskalator pun berduaan berdampingingan menghalangi yang dibelakang lagi tergesa-gesa, iya kan? Hehe.

Kalau di Korea, orang-orangnya udah otomatis berdiri di kanan semua bagi yang mau jalan santai, berdiri mengikuti berjalannya eskalator, jiahhh... kemudian memberi jalan bagi yang mungkin buru-buru untuk naik eskalator cepat-cepat. 

Meski sebenarnya di beberapa tempat ada peringatan tidak boleh berjalan maupun berlari di eskalator tapi budaya ini sudah otomatis berjalan, dan menurutku bagus sih, karena memang hidup di Korea itu serasa di kejar waktu terus. Terkadang kita terselamatkan tidak ketinggalan kendaraan hanya selisih 1-2 menit saja. haha




Merokok di Area Rokok

Ini juga sangat aku acungi jempol. Paling menyenangkan hidup di Korea adalah udaranya yang bersih, nggak kayak di Indonesia yang dimana-mana asap rokok, banyak orang nggak tahu  (nggak peduli) tempat nggak tahu ada siapa di sekitar, bodo amat yang penting iseeeppp dan kebuuullllin aja dah. Mau di transport umum, di pinggir jalan, di rumah makan, so annoying lah..

Di Korea sebenarnya orang merokoknya juga banyak, tapi setidaknya mereka yang perokok bakal ngumpul atau 'sembunyi' di tempat semak-semak tersendiri. Misal area merokok (흡연 구역) atau di pojokan tempat sepi yang bukan tempat lalu lalang. Keren sih, meski ngerokok sama sekali nggak keren, tapi setidaknya dia tahu tata krama untuk nggak membuat orang lain terganggu asap rokoknya.

Kalau di Korea bau alkohol menyengat mengganggu dimana-mana, yah... apalagi malam menjelang. Menyebalkan juga, tapi satu yang disyukuri bau itu tidak membuat sakit layaknya asap rokok yang menyebabkan penyakit dan kematian bagi perokok pasifnya.  Eh, tapi kalau mabuk bahaya juga sehh.. kkk

Anyway, Tinggalkan rokok dan alkohol, nggak ada bagus-bagusnya :D

Menjaga Kebersihan & Pemisahan jenis sampah

Saya nggak tahu bagaimana tips bagi orang Korea menjaga kebersihan lingkungan luar, padahal nih ya di Korea nggak banyak tempat sampah kayak di Indonesia. Nggak banyak tempat sampah aja bersih lohhh...


Kalau belum nemu tempat sampah di simpan dulu saja ya teman sampahnya, jangan di lempar ya guys...

Meski di Indonesia hal ini juga ada, tapi belum di terapkan secara luas, sementara di pemukiman di Korea orang-orang sudah biasa pula memisahkan jenis-jenis sampah sebelum di buang ke luar rumah yang mereka punya tempat pembuangan sampah setiap area tempat tinggal. Mungkin yang lihat drama pernah tahu lah ya adegan mereka membuang sampah rumah ke luar dengan membedakan jenis-jenisnya.

Nggak suka nyolong/ nilep

Agak konyol sih judulnya tapi emang iya. Salah satu yang bikin aku takjub dan kagum sama orang Korea adalah kejujuran dan tidak adanya naluri nilep atau ngambil barang temuannya, waktu aku part time di sebuah gedung mall sering banget pusat informasi nyiarin berita menemukan barang.

'Ditemukan iphone 7 warna putih....dimohon datang ke xx untuk mengambil....'

'Ditemukan ATM XXX Bank, dengan nama.... dimohon datang ke xx untuk mengambil..." (padahal ATM di Korea gampang di salah gunakan)

'Ditemukan dompet warna biru, dengan ada uang sekian, KTP, dll....'

Yang paling sering di tinggalin sih iPhone, sampe bosen dengernya. Mungkin karena iPhone sekarang gede, nggak muat masuk saku dan di genggam di mana-mana kahhh?? Wkwkwk

Udah gitu ya, orang penjual sana toko-tokonya nggak ada penutup dari pintu seng atau apalah itu namanya. Cuma di kelilingi bahkan cuma di tutup-tutupin kain doank, sumpah gampang banget lah tuh nyolongnya, tapi jarang sih tahu ada kasus kehilangan atau colong mencolong.

Atau misal di sini kamu menggeletakkan hape atau komputer sembarangan, kemungkinan ilangnya kecil. Amazing bukan? Yah meski aku yakin pasti ada juga maling disini dan tidak perlu mencoba untuk menelantarkan barang berharga disina yah... Kalau ilang, aku ntar yang di tuntut karena bilang di Korea nggak ada maling. Nothing perfect lah... hahahaha

Mmm... itu dulu kali ya, kalo kepikir di tambah lagi (selalu deh)

Sekian, 안녕 ~


1 Comments

  1. sy plg ska yg Menjaga Kebersihan & Pemisahan jenis sampah.. krn jurusan sy bgt

    ReplyDelete

Post a Comment